Pengalaman Perawatan Kulit di Erha (Part 1)

Halo haloo semuanyaa 🙂

Kali ini aku mau bagi-bagi cerita tentang pengalaman perawatan kulit di klinik kecantikan yang terkenal banget namanya, yaitu ERHA. Nah pengalaman ini mau aku ceritain untuk menambah wawasan kalian tentang gimana sih kalo perawatan ke erha. Terus dikasih apa aja, hasil yang dirasakan, dan lain lainnya.

Jadi, aku pertama kali memutuskan untuk ke erha itu sekitar 3 tahun yang lalu. Pokoknya aku masih kelas 10 semester 2. Gara-gara kulitku tiba-tiba jerawatan gede-gede di kening dan sakit banget kalo lagi sujud pas shalat hehehehe. Sebenernya setelah aku pikir pikir itu jerawatannya ga parah sih. Diobatin dan rajin cuci muka dikit juga mungkin ilang harusnya. Cuma dulu kan masih buta banget sama perawatan kulit dan semacemnya. Terus ga ngerti apa yang harus dipake. Padahal, dulu cuci muka aja belom bener. Kayaknya itu jerawat puber gitu sih. Soalnya kan masih baru masuk SMA juga.

Tapi, karena udah panik banget dan keluarga aku yang rempong banget gegara aku jerawatan akhirnya disuruhlah ke dokter aja. Kebetulan ibuku juga pelanggan setia erha udah sekitar setahunan. Akhirnya, aku memutuskan ke erha juga untuk ngobatin jerawat yang menyakitkan jidatku itu. Waktu itu aku ga mikir apa-apa tentang obatnya bakal manjur atau gak, ketergantungan atau gak, yang kepikir kalo ke dokter pasti sembuh, hehehe. Maklumlah ya anak yang baru gede mikirnya simple sekali.

Waktu itu dateng ke sana bareng sekalian ibuku mau checkup triwulannya jadi dokternya samaan sama ibu. Dokterku waktu itu namanya dr.Vinia. Cantik, tinggi, mulus, putih. Mirip banget sama Ashanti, hehehe. Nah terus aku difoto dulu sebelumnya depan, kanan, kiri. Baru abis itu diperiksa dokternya. Dokternya cuma nanya-nanya pake sabun apa biasanya, terus mukanya dipegang gitu sama diperiksa. Paling sekitar 15 menitan terus dia bilang “pake obat erha dulu ya. Sabun yang dulunya jangan dipake dulu.” Nah terus dijelasin cara make obatnya juga dan dikasih resepnya gitu. (ini ga ada fotonya, btw. Soalnya udah lama ga ke erha 😦 dan resepnya sama obatnya udah ga ada semua gaiz, heheh. Mohon maaf, yak)

Resep yang pertama kali banget aku dapet adalaah *jengjengjeng*….

  1. Acne Cleansing Srub for Oily Skin (ACS)

Sabun muka yang berbentuk gel warna biru dan ada scrub lembut di dalamnya. Dulu padahal aku anti banget sabun muka berscrub soalnya suka iritasi. Tapi sabun muka yang dari erha ini memang ajaib sekali. Wajahku langsung lembut dalam semingguan. Tapi ga membuat iritasi sama sekali alhamdulillahnya heheheh. Terus sabun muka itu dipake 3x sehari. Pagi, siang, dan malam

  1. Acne Moisturizer Gel 3 (AMG 3)

Pertama kali banget aku dikasih AMG 3. Untuk bentuknya saya rada lupa yang obat ini. Soalnya Cuma beberapa kali dikasih. Tapi dia kayak pelembab gitu wajahku jadi lembab kalo pake ini. Dipakenya juga 3x sehari kalo ga salah. Pagi, siang, dan malam. Sehabis cuci muka pake ACS.

  1. Acne Foundation (AF 1)

Nah pas awal awal ke erha aku dikasih AF 1. Ini bentuknya bukan kayak foundation seperti yang kita tau. Bahkan bentuknya jauh banget sama bayanganku. Karena, AF 1 ini baunya belerang banget dan membuat wajahku bau belerang yang kurang mengenakkan juga sih. Warnanya kuning kental gitu. Aku makenya pagi dan siang aja setelah AMG 3. Tapi AF 1 ini mempercepat penyembuhan jerawat jadi cepet mulusnya, hehehe. Tapi biasanya dikasih kalo lagi bermasalah aja AF 1 ini.

  1. Acne Gel 2 (AG 2)

Nah kalo ini khusus dipake malem aja setelah AMG 3. Gunanya buat ngempesin dan menyembuhkan jerawat jerawat yang meradang di muka. Warna kuning dan baunya kayaknya ada benzoyl peroxidenya sih. Ditotol di bagian yang berjerawat aja. Bikin kulit kering dan kalo kebanyakan makenya jadi iritasi. Musti hati-hati sama yang obat satu ini. Tapi emang bikin cepet kempes sih jerawatnya hehehe.

Bulan pertama aku melakukan semuaa yang diresepkan dengan sangat telaten dan rajin. Sampe dibilang temen-temen centil. Biarlah demi muka mulus hahaha. Tiap pagi,siang, malem cuci muka abis itu make segala obat. Nah sebulan aku harus check up lagi ke dr. Vinia. Sebenernya jerawatku langsung pada kempes dan muka halus seperti sutera, hahaha. Cuma masih ada bekas bekas jerawatnya dikit di jidatku. Overall, erha emang cepet banget ngusir jerawatnya kalo di aku sih.

Pas check up lagi, obat-obatku ada yang diganti tapi cuma diturunin dosis aja sih. Tetep dikasih ACS, AF 1, dan AG 2. Tapi AMG 3 berubah jadi AMG 2. Bentuknya gel bening dan cepet banget meresap. Enak banget dipake. Tapi abis dipake mukanya mengkilap L aku ga suka wajah yang udah oily dikasih kilap-kilap segala udah kayak gorengan -.- Tapi aku tahan-tahanin aja biar jerawat dan bekasnya cepat musnah. Pemakaiannya tetep sama. Dan sebulan berlalu lagi.

Kali ini wajahku benar-benar sudak tidak ada jerawat lagiii. Paling tinggal blackhead di hidung aja. Sisanya mulus, hehehe (masa lalu indah). Terus aku check up lagi kan, karena udah sebulan. Terus AMG 2 diganti jadi AMG 1 bentuknya putih gitu tapi efek melembabkannya masih kalah sama AMG 2 dan efek kilapnya ga berkurang samsek. Terus AF 1 ga dikasih lagi. Tapi jadinya diganti ASG (Acne Sunscreen Gel) yang aku ga tau berapa SPF nya. Untuk check up selanjutnya kali ini per 2 bulan. Yippee akhirnya gausah ngantri tiap bulan hehehe 😀

Pas udah 2 bulan, aku ngerasa kulitku jadi lebih kering dan ga sekenyal waktu pake AMG 2 akhirnya pelembabnya diganti jadi AMG 2 lagi. Trus ACS diganti jadi yang “for Very Oily Skin” dari “Oily Skin” aja. Berarti wajahku memang gorengan banget ya -.- Nah abis itu check upnya juga jadi per 3 bulan gituu. Seneng deeh soalnya aku mager ngantri check up yang lamaaa bangeeet itu, hmmm. Padahal pas diperiksa sih paling 15 menitan doang. Ngantri bisa sampe 3 jam-an. Subhanallah bangaaat kan.

3 bulan pertama masih rajin check up. Selanjutnya jadi suka ngulur ngulur 4 bulan baru check up. 5 bulan baru check up, bahkan pernah hampir 1 tahun ga check up soalnya obatnya masih bisa diambil terus dan ga ada yang diganti hehehe. Jadi males ke dokter kecuali ada masalah jerawat baru aja. Dan biasanya gegara lagi ujian dan mau dapet aja. Emang rada kurang ajar sih, udah mulus langsung males gitu. Cuci muka males soalnya lagi ga jerawatan, apalagi siang-siang males banget ngantri tempat wudhu 2 kali soalnya buat cuci muka. Terus malem suka ketiduran dan ga cuci muka. Memang ga tau diri banget. Jangan ditiru banget ya ini 😦 Alhasil wajah dalam sebulan langsung ga mulus dan banyak bruntus heleh heleh.

Karena bruntus dan jerawat banyak akhirnya pas check up dr. Vinia kasih resep yang isinya ASG diganti jadi AF 1 lagi. Check up lagi 3 bulan kemudian, AF 1 nya diganti lagi jadi ASG kembali. Biasanya kalo udah dikasih ASG wajahku udah ga berjerawat lagi. Paling jerawat gara-gara hormon atau stress.

Terus waktu sekitar udah setahun pake erha aku dikasih obat pemutih wajah, yaitu CC 5. Kata dokternya biar ga kusam. Obat ini warnanya putih dan harus disimpan dalam kulkas. Pemakaiannya malem aja selang-seling harinya sama AG 2. Tapi katanya kalo kusam aja. Obatnya lumayan keras jadi buat remaja ga usah sering-sering. Tapi aku juga malah ga pernah make obat ini. Cuma seminggu pertama aja make. Terus abis itu ga pernah dipake sampe kadaluarsa obatnya hehehe. Soalnya obatnya membuat mukaku jadi putih banget kayak vampire. Jadi serem ngeliatnya kayak dempulan begitu. Jadi aku stop dan ga pernah make lagi.

Nah, ini baru part 1 ya. Part 2 nya mohon ditunggu gaizzz hehehe. Soalnya panjang banget cerita tentang erha. Terus aku juga mau ceritain kenapa akhirnya aku memutuskan untuk ga pake erha lagi dan gimana kondisi wajah sekarang, hehehe. Terima kasih telah membacaaa.

See you on the next post 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s